Home         Who Am I         Corner         Rate Card         Disclosure         Privacy Policy         Wishlist

28 June 2016

Baca Bareng Itu Apa? | Selasa Bercerita

 

Baca disini juga yaa..

Intan Ketimpuk Buku | Putri La Distances




Holaa...







Selasa Happy Time. Bentar lagi lebaran nih, nggak terasa yaa, waktu cepat berlalu. Kemudian pertanyaan yang sama akan berulang di Lebaran tahun ini. Kapan nikah? Doa doa.. Positif thinking..


Okay! Setelah minggu kemarin bahas Jenis Pembaca, sekarang gimana kalau kita bahas tentang Baca Bareng. Kira-kira, baca bareng itu gimana sih? Hmm..


Lalu, gimana nih mekanisme baca barengnya? Hmmm.. Intip yuks..

 
Nah, sebelum masuk ke mekanisme baca bareng, mendingan kita cari tau dulu apa sih itu baca bareng?
Biasanya para penulis selain menggandeng para penikmat buku untuk mengadakan Giveaway dan Blog Tour, mereka juga memakai baca bareng sebagai ajang promosi untuk buku-buku mereka. Keren yaa? 

Cara penulis promosi bukunya via baca bareng itu gimana sih? Nah, semisal nih, kita ambil contohnya, mbak Indah Hanaco. Udah banyak kan yaa bukunya? Terus promosinya biar banyak yang tau bukunya gimana? Pakai baca bareng tentunya. Dan baca bareng ini biasanya diadakan via sosial media Twitter, tapi sekarang di Instagram juga ada kok yang ngadain Baca Bareng, comtohnya mbak Irene Dyah atau mbak Tasniem Rais. 

Biasanya nih, pembaca yang terpilih, sebenarnya nggak harus blogger buku kok, yang penting suka baca, punya akun sosmed, dan goodreads juga penting itu. Nah, nantinya nih, penulis yang mengadakan baca bareng, mbak Indah Hanaco dan kawan-kawan penulis lainnya, yang menyelenggarakan event baca bareng ini akan mengirimkan bukunya yang diikutsertakan di event baca bareng ini via ekspedisi. 

Nah, nantinya pembaca diberi kesempatan buat update status via twitter atau Instagram selama seminggu. Bakalan bikin twitter ramai dong? Tentunya dong dang ding dong. Nah, untuk yang instagram pun juga sama, bakalan rame.. Biasanya nih, nggak cuma 1-2 orang pembaca lho yang dipilih. Bisa sampai 6-10 orang, kalau mbak Indah Hanaco ngadain baca bareng. Baik yaa, mbak soulmate waferku. Timpuk wafer dan kemudian keinget masih punya hutang sama mbak Indah *duhhh, melipir cantik*.

Terus ada mekanismenya nggak buat event baca bareng ini? Ada dong. Apa aja sih?

1. Berhubung 1 buku itu nggak cuma 1 pembaca yang ngetwit, baiknya dikoordinasikan dulu agar waktunya nggak bersamaan. Biar nantinya bisa dibaca sama semua pembaca twitter pada umumnya.. Asikkk kan?
2. Jangan nge-SPAM. Eh, tapi, biasanya aku kadang suka nge-SPAM sih.. Ha.. ha.. Usahakan untuk event Baca Bareng ini, minimal 20 twit sehari. Aku nggak ngitung sih berapa twit yang kutulis. Efek keasyikan ngetwit, kagak ngitung. Ingat juga yaa, nggak semua lho follower kita di twitter itu suka baca, tar kalau jengkel bisa-bisa di unfollow lhooo.
3. Cek waktu jangan lupa yaa. Aku biasanya malam sih, tapi memang ada waktu-waktu tertentu dimana bakalan ngefek ke baca bareng juga. Maksudnya yang suka buka sosmed itu biasanya pas jam istirahat. Lumayan lho, bisa meningkatkan grafik.. Uhuy..
4. Sopiler ehh spoiler, jangan sampai yaa. Hindari menyebar spoiler di baca bareng ini. Tujuan baca bareng kan buat menarik followers akun sosmed kita  supaya menyukai buku yang sedang kita ulas kan? Nah, jangan sampai kita menyebar spoiler. Eh, tapi kadang 1-2 orang tanpa sadar menyebar spoiler juga sih. Aku udah pernah belum yaa? Hmm.. Bingung sendiri.
5. Usahakan juga setelah selesai baca bareng, di hari terakhir, kasih kesan-kesan selama kita membaca buku tersebut. Tujuannya apa? Agar penulis tau kesan kita selama membaca dan mengikuti event baca bareng tersebut. Berikan kritikan dan saran juga. Tapi, jangan dijabarin full, disimpan untuk kita tulis di review blog kita.

Nah, itu tadi sekilas info dari Princessnya Peek A Book mengenai Baca Bareng. Ada yang tertarik buat ikutan baca bareng? 

Sok atuh, jangan lupa lhoo, ada event Baca Bareng #LoveInAuckland di Twitterku @princessashr dan Twitter mbak @lucktygs. Ikutan meramaikan yaa, jangan lupaaa lhooo..

4 comments:

  1. Anonymous02:27

    Wah seru nih kayaknya...ah cari info dulu ah...heheheh jadi tertarik :D

    ReplyDelete
  2. Baru tau kalo blogger review buku namanya 'baca bareng' dan sistemnya begitu. Thanks ya!

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah ikutan baca bareng. Kayaknya seru nih mba

    ReplyDelete
  4. Anonymous20:36

    kayaknya seru nih eventnya tentang baca bareng, jadi pengen ikutan :D hihihi

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, sobat! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...